|
 Jakarta, PAB-Online Vitamin D sering dikaitkan dengan fungsinya sebagai penopang kekuatan tulang untuk mencegah osteoporosis. Namun, dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition Juni 2011 silam, menyebutkan bahwa asupan vitamin D ternyata mampu membantu terapi penyembuhan pasien diabetes.
Ya, mencegah diabetes bukan hanya efektif dengan menjaga pola makan. Kini penelitian terbaru menemukan alternatif pencegahan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, yakni dengan asupan vitamin D yang cukup. Alasannya, orang-orang yang mengidap diabetes tipe 2 cenderung memiliki level vitamin D dan kalsium yang juga dalam kategori rendah.
Selanjutnya, studi yang dilakukan oleh para peneliti di The Tufts Medical Center, Boston, Amerika ini mengamati apa yang terjadi jika mereka yang berisiko terkena diabetes tipe 2 diberi asupan vitamin D dan kalsium hingga levelnya mencukupi kebutuhan dalam tubuhnya. Untuk melihat keefektifan dua nutrisi ini, partisipan diberi suplemen vitamin D, kalsium dan plasebo. Mereka yang menerima suplemen vitamin D dengan maupun tanpa kalsium terbukti tingkat gula darahnya bisa menurun.
Disebutkan, vitamin D membantu meningkatkan fungsi sel pankreas dan juga sekresi insulin yang pada akhirnya akan mencegah perkembangan diabetes karena turunnya kadar glukosa. Nah, untuk meningkatkan fungsinya, Anda bisa menjumpai vitamin D di beragam jenis bahan makanan seperti susu, yoghurt, keju, ikan sarden, bayam, telur, sereal, sawi hijau, jus jeruk, jamur, dan lainnya.(MI/Ci)
|